Saturday, June 8, 2013

Daya Dukung Lingkungan

Daya Dukung Lingkungan Kalian tahu tidak apa itu Daya Dukung Lingkungan ? Nah, benar sekali bahwa daya dukung lingkungan adalah sebuah kemampuan untuk mendukung kehidupan. Setelah kalian tahu apa itu daya dukung lingkungan, harus ditambah ilmunya nih mengenai prinsip-prinsip daya dukung lingkungan. 
Prinsip-prinsip daya dukung lingkungan yaitu :
a. Prinsip Mengurangi
Prinsip mengurangi yaitu sebuah prinsip menghemat, mengendalikan dan efisiensi dan mencari sumber daya alam alternatif yang ramah lingkungan.
Contoh Prinsip Mengurangi : Menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari bahan baku kayu hasil penebangan hutan. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya penebangan liar. Energi alternatifnya yaitu menggunakan laptop dalam penyerahan tugas-tugas sekolah misalnya.
b. Prinsip Memakai Ulang
Prinsip memakai ulanga adalah sebuah prinsip memakai kembali barang hasil produksi yang telah terpakai tetapi masih memiliki nilai guna tanpa proses daur ulang.
Contoh prinsip memakai ulang yaitu : Memakai toples bekas untuk menyimpan bumbu dapur. Memakai botol sirup untuk tempat minum.
c. Prinsip Daur Ulang
Prinsip daur ulang adalah sebuah prinsip pengolahan kembali barang bekas dalam bentuk sampah yang sudah tidak terpakai dan tidak memiliki nilai ekonomis menjadi barang berharga yang memiliki nilai ekonomis. 
Contoh prinsip daur ulang yaitu : Mendaur ulang kertas koran bekas menjadi topeng.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.