Thursday, June 20, 2013

3 November: Gerhana Matahari Campuran

3 November: Gerhana Matahari CampuranTidak kurang dari sebulan pasca fenomena yang nantinya terjadi di bulan Oktober, kini saatnya bulan November menjadi saksi dimana akan terjadi Gerhana Matahari Campuran. Ini adalah gerhana matahari yang agak tidak biasa, yang terjadi dalam jarak 13.600 km di seluruh permukaan bumi, gerhana berubah cepat dari melingkar menjadi total, oleh karena itu dikenal para astronom sebagai "gerhana campuran."

Sebenarnya, sebagian besar di sepanjang jalurnya, gerhana tampak secara total, dengan lingkaran (atau cincin) yang sangat tipis dari sinar matahari terlihat di dekat jalur awal. Jalur dari garis tengah gerhana ini dimulai dari Atlantik sekitar 875 km barat daya dari Bermuda.

Jadi, di sepanjang Atlantic Coast Amerika Utara, penonton yang tertarik (menggunakan alat bantu lihat yang tepat, seperti proyeksi lubang jarum atau kaca yang biasanya dipakai pengelas) hanya akan melihat lingkaran bulan gelap keluar dari bagian depan matahari saat matahari terbit.

Jalur gerhana akan melewati selatan Cape Verde Islands, kemudian kurva akan menuju tenggara sejajar dengan garis pantai Afrika. Gerhana terbesar, dengan ketotalan 100 detik dari keseluruhan dan lebar jalur mencapai maksimal hanya 58 km, terjadi sekitar 402 km di lepas pantai Liberia. Jalur bayangan kemudian akan menyapu Afrika tengah, melewati sebagian Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Kenya, sebelum berakhir saat matahari terbenam di perbatasan Ethiopia-Somalia.

Informasi ini saya dapatkan dari Yahoo NEWS dengan judul 13 Fenomena Langit yang patutu disaksikan kita. Meski banyak fenomena yang akan terjadi di 2013 ini, tidak ada salahnya kita menyiapkan diri kita untuk melihat Gerhana Matahari Campuran yang akan terjadi pada 13 November 2013. 

Umy Amanah 

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.