Saturday, June 8, 2013

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi LH

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi LHTelah mempelajari materi Lingkungan Hidup dari pengertian, unsur, kaidah atau hukum yang berlaku. Kini saatnya kita mempelajari Fakto-faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Hidup yaitu :
a. Jenis dan unsur lingkungan hidup berbeda
Contohnya : Daerah A lebih memiliki kandungan air yang banyak dibanding daerah B. Maka, bisa dikatakan daerah A memiliki kondisi tanah lebih subur dibanding daerah B.

b. Interaksi antar unsur lingkungan hidup
Contohnya : Dua tempat yang berbeda mengakibatkan interaksi di tempat masing-masing pula berbeda. Misalnya di laut manusianya bermata pencaharian sebagai nelayan sedangan di gunung manusianya bermata pencaharian sebagai petani.

c. Perlakuan terhadap unsur lingkungan hidup 
Contohnya : Dua tempat yang berbeda jika perlakuannya berbeda, misal kelas A hampir setiap jam disapu sedangkan kelas B tidak pernah disapu. Secara tomatin kelas A akan lebih bersih dibanding kelas B.

d. Kondisi fisik mempengaruhi kondisi ekonomi, kodisi ekonomi mempengarhi kondisi sosial dan budaya.
Contohnya : Kondisi fisiknya yaitu sawah secara otomatis kondisi ekonominya manusianya bermata pencaharian sebagai petani dan bersosialisasinya dengan para petani lainnya serta budayanya adalah alat yang digunakan para petani misalnya penggiling padi, cangkul, dll.

e. Kondisi non material 
Yaitu suatu kondisi cuaca, kebisingan, suhu.
Contohnya : Dikota lebih banyak kendaraan dibanding di desa. Maka, tingkat kebisingan di kota lebih tinggi dibanding di desa. 


Umy Amanah

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.