Saturday, June 8, 2013

Kualitas Lingkungan Hidup

Umy AmanahKali ini yang masih pada belajar Geografi kelas XI SMA saatnya kita mempelajari mengenai Kualitas Lingkungan Hidup. Tahu tidak apa itu kualitas lingkungan hidup? Benar sekali, kualitas lingkungan hidup adalah derajat pemenuhan kebutuhan dasar, semakin tinggi derajat pemenuhan kebutuhan dasarnya maka lingkungannya semakin berkualitas.
Macam-macam kualitas lingkungan hidup :
a. Kualitas Lingkungan Fisik 
Yaitu sebuah kondisi alamiah baik biotik maupun abiotik yang mempengaruhi kehidupan manusia. Contohny : Tumbuhan yang berkualitas adalah tumbuhan yang rindang, menghasilkan uang, dapat jadi peneduh.

b. Kualitas Lingkungan Sosial 
Yaitu kondisi manusia baik indifidu maupun kelompok yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan sosial. Contohnya : Guru yang berkualitas yaitu guru yang saat mengajar bisa menguasai kelas, bisa memberikan materi dengan baik, materinya dapat dimengrti oleh siswanya.

c. Kualitas Lingkungan Budaya 
Yaiu suatu kondisi materi maupun nonmateri yang dihasilkan manusia melalui aktifitasnya dan kreatifitasnya yang mempengaruhi pembangunan kehidupan. Contohnya : Kebiasaan, adat istiadat, hukum.

d. Kualitas Lingkungan Ekonomi
Yaitu sebuah kondisi penghasilan atau pendapatan yang diperoleh dari pekerjaannya. Contohnya : Indonesia menjadi negara berkembang dengan pendapatan perkapita semakin tinggi.

Umy Amanah

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.