Saturday, June 8, 2013

Lingkungan Hidup

LINGKUNGAN HIDUPBagi anak IPS tentunya kelas XI SMA. Belajar mengenai Lingkungan Hidup semestinya diberikan oleh guru mapel saat kita ada di semester dua. Memang materi ini adalah awal kita di semester dua. Tentunya dalam membahas soal lingkungan hidup, kita harus mengetahui apa itu Lingkungan terlebih dahulu. Apa itu Lingkungan? Ya, Lingkungan adalah jumlah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam lingkungan. Contong lingkungan : Meja, kursi, jam, dll.

Setelah mengetahui apa itu lingkungan, barulah saatnya kita belajar mengenai Lingkungan Hidup. Ada beberapa definisi mengenai lingkungan hidup, namun saya lebih suka definisi ini yang menyatakan bahwa Lingkungan Hidup adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia atau makhluk hidup yang memiliki hubungan timbal balik dan komplek serta saling mempengaruhi antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.

Paham akan Lingkungan Hidup, tentulah kalian harus tahu contoh-contoh lingkungan hidup diantaranya:
a. Lingkungan Hidup Alamiah
Lingkungan Hidup alamiah diartikan sebagai suatu lingkungan hidup yang terjadi secara alami, yang merupakan bentukan dari alam itu sendiri. Lingkungan hidup alamiah terdiri dari alam dan ekosistemnya. Contoh lingkungan hidup alami yaitu : Lingkungan hidup sungai, Lingkungan hidup pegunungan, Lingkungan hidup hutan, Lingkungan hidup laut.

b. Lingkungan Hidup Binaan 
Lingkungan hidup binaan adalah sebuah lingkungan hidup yang terbentuk karena campur tangan manusia. Atau lebih jelasnya adalah bentukan manusia baik secara waktu yang panjang maupun singkat. Contoh lingkungan hidup binaan yaitu : Lingkungan hidup sawah, Lingkungan hidup kolam ikan, Lingkungan hidup rumah.

Umy Amanah

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.