Tuesday, September 24, 2013

PERUBAHAN SOSIAL

Umy Amanah Belajar mengenai Perubahan Sosial dalam masyarakat tentunya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu Perubahan Sosial? Ya, bahwa Perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang terjadi baik oleh seluruh maupun sebagian aspek sosial yang ada dalam masyarakat. Aspek-aspek sosial yang ada dalam masyarakat diantaranya yaitu : Pola Perilaku, Nilai Sosial, Norma Sosial, Interaksi, Stratifikasi, Cultur dll. 
Barusaja kita mengetahui definisi Perubahan Sosial secara umum, tidak ada salahnya kita mengetahui definisi Perubahan Sosial menurut beberapa ahli diantaranya :
a. Samuel Koenig 
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi yang terjadi pada pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi tersebut merupakan pengaruh dari faktor interen dan eksteren.

b. Selo Soemardjan
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan. Perubahan tersebut mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok masyarakat. Lembaga masyarakat mencangkup Lembaga Keluarga, Lembaga Agama, Lembaga Pendidikan, Lembaga Ekonomi, dan Lembaga Politik. Keseluruhan lembaga tersebut saling berkaitan.

c. William F. Ogburn
Perubahan sosial terjadi ketika unsur materiel memberi pengaruh pada unsur imateriel.

d. Kingsley Davis 
Perubahan sosial terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Struktur sosial mencangkup lembaga sosial, kelompok sosial dan stratifikasi sosial. Tiap-tiap struktur memiliki fungsi dalam masyarakat.

e. Mac Iver
Perubahan sosial dikatakan sebagai perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial keseimbangan dalam hubungan sosial. 

f. John Lewis dan Jhon Philip Gillin
Perubahan sosial merupakan variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima dan dijalankan oleh masyarakat. 

Umy Amanah


keyword Perubahan sosial Perubahan sosial Perubahan sosial Perubahan sosial, Defisinisi Perubahan Sosial, Definisi Perubahan sosial menurut Ahli, Sosiologi kelas XII semester I.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.