Wednesday, September 18, 2013

PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI

Hal-hal yang melatarbelakangi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI adalah:
a. Di Jepang
1. Dibomnya kota Hirosima dan Nagasaki.
2. Kalahnya pasukan Jepang dalam tiap pertempuran, sehingga kalah tanpa syarat pada 14 Agustus 1945.
3. Berita kekalahan Jepang.
4. Dorongan untuk merdeka.

b. Janji Jepang
Dalam rangka menarik simpati bangsa Indonesia, Jepang memebrikan Janji Kaiso atau janji kemerdekaan di kelak kemudian hari dan waktunya belum tentu kapan, artinya janji tersebut sebenarnya tidak jelas. Janji tersebut sebenarnya janji yang diberikan Jepang untuk meredam perlawanan Bangsa Indonesia dan dalam perkembangannya Jepang dalam setiap pertempuran mengalami kekalahan. Sehingga dilakukan langkah-langkah untuk merealisasikannya dengan tindakan diantaranya :

1. Pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).
Alasan dibentuknya BPUPKI yaitu karena Jepang selalu kalah dalam perang dan dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Tujuan dibentuk BPUPKI itu sendiri yaitu untuk menyelidiki persiapan kemerdekaan RI dengan membentuk pemerintahan. BPUPKI dua kali melaksanakan sidang dengan sidang pertama 29 Mei - 1 Juni 1945 menghasilkan Rumusan Dasar Negara. Sidang ke dua tanggal 10 Juli - 16 Juli 1945 menghasilkan RUU.
Keanggotaan BPUPKI itu sendiri ada 60 anggota orang Indonesia dan 7 orang Jepang. Jepang ikut ambil dalam organisasi tersebut karena BPUPKI tersebut asalnya merupakan bentukan Jepang. 

2. Pembentukan Panitia Sembilan.
Tugas utama panitia sembilan yaitu menyatukan pandangan dasar antara golongan nasionalis dan islam mencapai kesepakatan yang disebut Piagam Jakarta.
Golongan nasionalis disini dianyaranya yaitu : Moh. Hatta, Ahmad Subarjo, Mr. A. A Maramis.

3. Pembentukan PPKI
PPKI yang diketuai oleh Ir Soekarno ini memiliki anggota 21 orang indonesia. Dibentuk 7 Agustus 1945 memiliki alasan untuk merealisasikan janji kemerdekaan Indonesia dari Jepang.  Tugasnya yaitu untuk melanjutkan hasil kerja BPUPKI dan pemindahan kekuasaan dari pemerintah Jepang ke Pemerintah Indonesia.
Sidang PPKI 18 Agustus 1945 yaitu menghasilkan memilih Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wapres, Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 serta mengganti Komite Nasional menjadi MPR.
Sidang PPKI 19 Agustus 1945 yaitu menghasilkan membagi wilayah Indonesia menjadi 8 karesidenan, Membentuk 12 departemen serta membubarkan KNI menjadi MPR.
Sidang PPKI 20 Agustus 1945 yaitu menghasilkan KNIP, BKR, PNI.
Umy Amanah PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI



Umy Amanah


0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.