Wednesday, October 16, 2013

CONTOH PIDATO

CONTOH PIDATO
Contoh Pidato kali ini saya buat sekaligus untuk melatih saya berpidato esok hari dalam tugas Bahasa Indonesia kelas XII. Contoh Pidato kali ini bertemakan tentang Agama. Untuk itu, saya akan membuat contoh teks pidato mengenai rasa syukur kita terhadap Alloh SWT. Contoh pidato yang saya buat lingkupnya hanya kelas XII IPS 1. Semoga contoh pidato ini bisa menjadi referensi bagi anda dalam membuat teks pidato.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Drs. Nur Setiadi selaku guru pembimbing, yang saya sayangi teman-teman kelas XII IPS 1. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita sehingga dapat berkumpul di kelas ini tanpa ada halangan apapun. Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa hal mengenai rasa syukur kita terhadap Alloh SWT.

Memasuki era globalisasi sekarang dengan tekhnologi yang semakin canggih dan memanjakan manusia kadang membuat manusia melupakan rasa syukurnya kepada Alloh SWT. Rasa syukur yang harusnya senantiasa diucapkan. Nikmat yang sangat besar dan sering kali diingkari dari rasa syukur yaitu nikmat panca indra kita. 

Kita ambil contoh misalnya indra pendengaran kita. Bebereapa orang mungkin memiliki kekurangan dalam indra pendengarannya, sehingga mereka harus membeli alat pendengaran dengan harga mahal demi untuk mendengarkan indahnya suara yang selalu kita dengar bagi orang-orang normal. Selain mereka harus memiliki alat pendengaran yang harganya sangat mahal, mereka yang memiliki kekurangan di satu panca indranya saja mereka harus bersekolah diluar sekolah anak-anak normal pada umumnya. Namun jika kita mengingat apa yang telah Alloh berikan kepada kita misalnya indra pendengaran tersebut secara normal, kita malah dengan sengaja seolah membuat kita tidak mendengar suara apapun dengan memasang earphone pada telinga kita demi kepuasan mendengarkan musik. 

Hal itu kadang berlebihan, dikarenakan seseorang lebih banyak menggunakan indra pendengarannya untuk hal-hal yang kurang positif dengan mendengarkan musik berjam-jam. Padahal kita tahu, bahwa akibat dari menggunakan earphone dalam kurun waktu lima tahun secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada telinga dan fatalnya adalah tuli. Disaat beberapa orang tidak mendengar suara di sekelilingnya dan berkorban apapun demi bisa mendengar, banyak orang malah seolah membuat dirinya tidak mendengar suara-suara di sekelilingnya karena focus pada apa yang dia dengar. Sebaiknya kita menggunakan indra pendengaran kita dengan baik, karena merupakan wujud syukur atas apa yang Alloh SWT berikan pada kita. 

Marilah kita syukuri hal-hal besar  yang kita lalaikan syukurnya dengan menganggap hal tersebut merupakan nikmat kecil. Semoga dengan kita mensyukuri, Alloh SWT akan lebih memberikan nikmat pada kita. Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan saya minta maaf yang setulus-tulusnya. Sekian terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Umy Amanah

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.