Friday, October 11, 2013

PERKEMBANGAN ALIRAN SENI RUPA MODERN

Dalam aliran seni rupa modern tentunya mengalami perkembangan diantaranya :
a. KLASIKISME
Klasikisme adalah aliran seni rupa dimana para seniman dalam berkarya berorientasi pada seni klasik yunani dan romawi. Seni klasikisme berkembang pada awal abad ke-19 di Perancis. Selain itu seni klasikisme tentunya memiliki ciri-ciri diantaranya:
1. Seolah-olah terkesan kesan dibuat-buat.
2. Corak dekoratif.
3. Kesan bentuk indah dan elok.
Tokoh penganut seni klasikisme yaitu:
1. Fragonnard
2. Marisot Boucher.
3. Yigge Lebrun
4. Wattev
5. Ringaud

b. NON KLASIKISME
Non klasikisme adalah aliran seni rupa modern yang prinsipnya sama dengan aliran klasikisme, sama-sama berorientasi pada seni klasik Yunani dan Romawi. Yang membedakan adalah pusat pengembangannya yaitu Lingkungan Acideny tepatnya Royal Acideny Perancis. Tokoh penganut seni rupa modern non klasikisme yaitu Jaques Louis David.
Ciri-ciri pada seni rupa non klasikisme ini yaitu:
1. Terikat pada patokan-patokan akodenis.
2. Berpangkal pada keseimbangan dan harmony.
3. Pengolahan raut muka yang terang sehingga mengesankan keagungan.
4. Pengambilan objek di lingkungan istana.
5. Berkembang di lingkungan pendidikan tepatnya di Royal Acinedy. 
Salah satu cirinya yaitu: Teknik pada patokan akadenis, transpirasi dari sebuah buku di Yunani (Golden Section) yaitu buku yang memuat bagaimana seorang berkarya dengan baik dan benar.
Di Lingkungan Pendidikan :
- Kesatuan / Unity
- Keseimbangan / Balance 
- Irama / Ritme
- Center Of Interest / Titik Perhatian
- Keselarasan / Harmony

Unsur-Unsur Seni Rupa
- Titik
- Garis
- Bidang
- Ruang
- Warna
- Tekstur
-Gelap Terang

c. ROMANTISME
Romantisme berasal dari kata Roman yang artinya menceritakan peristiwa, kejadian, tragedi yang memilukan atau penuh dengan kepedihan atau penderitaan. Aliran ini biasanya aransemen estetik dan aktual. Pictoralnya menyimpang dari peristiwa sesungguhnya. Tokoh penganut aliran ini yaitu THEODRE GERICOUCT dengan karyanya RAKIT MEDUSA, selain itu ada Eugene Dela Roix. 
PERKEMBANGAN ALIRAN SENI RUPA MODERN RAKIT MEDUSA
Ciri-ciri karyanya:
1. Penuh gerak.
2. Penuh Gejolak.
3. Emosi yang meluap-luap.
4. Warna meriah.
5. Penuh kegetiran


d. REALISME
Realisme adalah sebuah seni rupa modern yang aliran ini muncul karena sebagai reaksi penentangan terhadap aliran romantisme. Menurut aliran realisme, sesuai berdasarkan namanya dari kata REAL yang artinya sesuai dengan kenyataan. Seniman disini mengambil objek berupa alam (manusia, hewan, tumbuhan, atau landscape/keindahan alam) apa adanya sesuai dengan apa yang dilihatnya. Objek manusia atau lukisan objek manusia biasanya diambil dari golongan menengah kebawah atau orang entah beranta(orang tidak dikenal). Tokoh aliran ini yaitu Gustave Courbeto dan Dahlan (Indonesia).

e. NATURALISME
Aliran naturalisme dalam seni rupa yaitu berasal dari kata nature yang artinya alam. Dalam aliran ini, seniman mengambil objek alam (manusia, hewan, tumbuhan, atau landscape/keindahan alam) dalam menuangkan ide, selain berekspresi seniman berusaha mengangkat objek setepat mungkin. Namun objek lukisan dengan tujuan dan harapan karya seringnya tampak lebih indah, cantik dan tampan atau berwibawa. Tokoh aliran seni ini yaitu Basuki Abdullah.

Umy Amanah

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.