Tuesday, December 10, 2013

SENI RUPA MELUKIS MEDIA CAT MINYAK

SMA NEGERI 2 PURBALINGGA
Seni Rupa Melukis ( SENI LUKIS) media CAT MINYAK merupakan salah satu tugas SENI RUPA di SMA NEGERI 2 PURBALINGGA kelas XII dibawah bimbingan Pak Rochman Tofik ( Guru Seni Rupa Kelas XII ). Terlepas dari itu semua, munggu lalu tepatnya Selasa, 3 Desember 2013 saya (Umy Amanah) telah selesai mengerjakan tugas seni rupa melukis media cat minyak. 

Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.
Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

Disini, kami semua menggunakan media CAT MINYAK dalam pembuatan lukisan yang menjadi tugas di kelas XII tersebut. Dalam melukis menggunakan media cat minyak dan kanvas. Ini dia alat dan bahannya:
1. Cat Minyak + Minyak Cat nya ya!
2. Kanvas
3. Palet
4. Kuas
5. Tempat Mencuci Kuas
6. Kain Lap

SMA NEGERI 2 PURBALINGGA, Umy AmanahLanjut ke teknik melukis menggunakan media cat minyak :
1. Buat sketsa di kanvas sesuai gambar yang diinginkan.
2. Mulailah menuangkan cat ke palet dan kemudian campurkan dengan minyak cat lalu aduk sampe benar-benar halus agar goresan warna yang dihasilkan di kanvas juga halus.
3. Mulailah memberikan warna dasar pada kanvas sesuai sketsa.
4. Hati-hati dengan penggunaan kuas. Gunakan kuas yang kecil untuk daerah-daerah yang sulit atau sempit bidangnya dan gunakan kuas yang besar untuk daerah yang lebar.
5. Warnai seluruh kanvas agar semua pori-porinya tertutup. 

Mungkin itu dulu beberapa hal yang dapat saya bagikan. Jangan takut dalam membuat karya seni terutama dengan media CAT MINYAK karena menurut guru saya, Pak Rochman Tofik "SENI ITU TIDAK ADA YANG SALAH DAN BUATLAH SEBUAH KARYA SENI DENGAN HATI" maka akan menghasilkan suatu karya seni yang indah dan dapat dinikmati dengan hati. Selamat mencoba, ini ada hasil lukisan saya yang alhamdulillah mendapat nilai 88 dan dipamerkan di SMA NEGERI 2 PURBALINGGA untuk satu tahun kedepan. Mengusung tema FOTOGRAFER JURNALIS mungkin karena aku terlalu mencintai dunia JURNALISTIK, sebenarnya lukisan itu merupakan persembahanku untuk LENTERA JURNALISTIK SMA NEGERI 2 PURBALINGGA.

Umy Amanah 
   

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.