Saturday, August 30, 2014

FSSR

FSSR

Visi
Menjadi fakultas yang maju, unggul dan terpercaya di tingkat internasional dalam ilmu humaniora yang tertumpu pada budaya nasional, terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada    penemuan baru di bidang ilmu, teknologi dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.



Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 11 Maret 1976, Dasar hukum pendiriannya adalah Kep Pres No. 10 / 1976. Pada saat itu nama Perguruan Tinggi ini adalah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret menjadi Universitas Sebelas Maret disingkat UNS. Pada awal berdirinya, UNS merupakan hasil integrasi antara IKIP Negeri Surakarta, AAN, STO, PTPN dan sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta.
Fakultas Sastra merupakan salah satu fakultas dari sembilan fakultas yang ada di Universitas Sebelas Maret. Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret terdiri atas lima Jurusan yaitu :
  1. Jurusan Sastra Daerah
  2. Jurusan Sastra Indonesia
  3. Jurusan Sastra Inggris
  4. Jurusan Seni Rupa
  • Program Studi Seni Rupa Murni
  • Program Studi Kriya Seni
  • Program Studi Desain Komunikasi Visual
  • Program Studi Desain Interior
  1. Jurusan Sejarah

Dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 156/0/2002 tertanggal 13 Agustus 2002 tentang PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 0201/0/1995 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA UNIVERSITAS SEBELAS MARET, Fakultas Sastra Universitas  Sebelas  Maret berubah nama menjadi Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret mempunyai program pendidikan:
  1. Program S3 - PROGRAM STUDI PENERJEMAHAN (Prog. Pascasarjana UNS)
  2. Program S2 - PROGRAM STUDI LINGUISTIK TERAPAN ( Prog. Pascasarjana UNS)
  3. Program S1- REGULER :
  • JURUSAN SASTRA DAERAH (JAWA)
  • JURUSAN SASTRAINDONESIA
  • JURUSAN SASTRA INGGRIS
  • JURUSAN ILMU SEJARAH
  • JURUSAN SENI RUPA MURNI
  • JURUSAN DESAIN INTERIOR
  • JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  • JURUSAN KRIYA SENI / TEKSTIL
  1. Program S1 Non Reguler Sastra Inggris
  2. Prgram D3 :
  • PROGRAM STUDI USAHA PERJALANAN WISATA (UPW)
  • PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS
  • PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  • PROGRAM STUDI BAHASA CHINA


  1. Menciptakan lingkungan yang mendorong setiap warga kampus mau belajar guna mengembangkan kemampuan diri secara otimal;
  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, cerdas terampil dan mandiri serta sehat jasmani, rohani dan sosial;
  1. Melahirkan temuan-temuan baru di bidang ilmu teknologi dan seni yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam masyarakat dan untuk membangun kehidupan yang lebih baik;
  1. Mendesiminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyarakat sehingga terjadi transformasi secara terus menerus menuju kehidupan yang lebih modern;
  1. Menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional, khususnya nilai-nilai luhur budaya Jawa sebagai salah satu landasan berfikir, bersikap dan berperilaku dalam kehidupan baik di dalam maupun di luar kampus;
  1. Mengembangkan pranata kehidupan yang lebih beradab menuju terciptanya masyarakat yang makin cerdas, terampil, mandiri, demokratis damai dan relegius;
  1. Mendukung terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat bersatu, adil dan makmur;
  1. Menjadikan FSSR sebagai sebuah fakultas yang unggul di kawasanAsiapasifik pada tahun 2015. 


Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan fakultas tersebut di atas, menetapkan Program Induk Pengembangan (PIP) yaitu Kajian Budaya Etnik, Khususnya Budaya Jawa. PIP ini memayungi program-program unggulan jurusan-jurusan dan Program Diploma di Lingkungan Fakultas Sastra dan Seni Rupa. Program Unggulan Jurusan/Program Studi:
  1. Program Unggulan Jurusan Sastra Daerah yaitu menciptakan tenaga akademik yang ahli di bidang linguistik, Sastra dan Filologi Bahasa Jawa.
  2. Program Unggulan Jurusan Sastra Indonesia yaitu mengembangkan ilmu Linguistik, Sastra, dan Filologi Bahasa Indonesia, serta menyelenggarakan
  3. Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur asing (PBIPA). Program Unggulan Jurusan Sastra Inggris yaitu mengembangkan ilmu Linguistik, Sastra, Filologi dan American Study, serta memberikan layanan jasa seperti: konsultan kurikulum berbasis kompetensi, konsultasi pembuatan lab, ILC, dan kerjasama dalam pengembangan SDM di bidang pengajaran Bahasa Inggris.
  4. Program Unggulan Jurusan Ilmu Sejarah yaitu mengembangkan laboratorium sejarah - pemetaan situs-situs sejarah, Kearsipan, dan Visualisasi seni dan tradisi.
  5. Program Unggulan Jurusan Interior  yaitu mengembangkan  perancangan desain interior, desain furnitur dan desain produk interior.
  6. Program Unggulan Jurusan Desain Komunikasi Visual yaitu Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Ilustrasi, Komputer  Grafis, Animasi dan Audio
  7. Program Unggulan Jurusan Kriya Seni / Tekstil  yaitu pengembangan tekstil kerajinan meliputi : batik, tenun ikat, tenun dan celup ikat.
  8. Program Unggulan Jurusan  Seni Rupa Murni yaitu mengembangkan multimedia, studi lukis, Studio Grafis dan studi keramik.
  9. Program Unggulan Program DIII Bahasa Inggris yaitu mengembangkan general skill dan english for specific purpposes yang dikemas ke dalam paket penyiaran, kehumasan, perhotelan, pengajaran dan penerjemahan.
  10. Program Unggulan DIII Bahasa China  memiliki empat kosentrasi yaitu penguasaan bahasa china untuk bisnis, kehumasan, pemandu wisata, dan mencetak pengajar bahasa China.
  11. Program Unggulan DIII Desain Komunikasi Visual yaitu workshop dengan menguncang praktisi profesional terkait dengan Desain Komunikasi Visual, kerjasama ketrampilan, mahasiswa mengerjakan kerjasama dengan para praktisi, pameran didalam kampus, Klinik desain dan mendirikan usaha distributor barang-barang indie label.
  12. Program Unggulan DIII Usaha Perjalanan Wisata yaitu perencanaan Perjalanan Wisata, Guiding, MICE, dan tiketing.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.