Saturday, June 8, 2013

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Lingkungan Hidup

Umy AmanahSetelah belajar mengenai kualitas lingkungan hidup dan macam-macam kualitas lingkungan hidup. Kini saatnya kita mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lingkungan hidup. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lingkungan hidup yaitu :
a. Faktor Sosial 
Yaitu pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesejahteraan penduduk. Pertumbuhan penduduk (Jumlah Penduduk Yang Banyak) bisa menyebabkan peningkatan kualitas lingkingan hidup. Contohnya: Negara Cina dengan populasi penduduk terbanyak nomer satu dunia namun dengan banyaknya penduduk tersebut mereka bisa menciptakan atau memproduksi barang-barang yang laku di pasaran internasional. Kualitas lingkungan hidup menurun contohnya yaitu semakin banyak orang yang susah mendapat pekerjaan karena populasi penduduk yang tinggi, maka tingkat kriminalitaspun tinggi.

b. Faktor Teknologi 
Dengan kemajuan teknologi yang memanjakan manusia dengan berjuta kemudahan disisi lain menimbulkan polusi dan eksploitasi sumber daya alam. 

c. Faktor Politik 
Kebijakan pemerintah dan penegakannya sangat berpengaruh terhadap lingkungan apakah kebijakan itu peduli terhadap lingkungan atau tidak. Contoh kebijakan pemerintah yang peduli lingkungan yaitu : Kebijakan penanaman 1000 pohon untuk memperbaiki kondisi bumi kita. 

d. Faktor Ekonomi
Yaitu pembangunan ekonomi dengan memaksimalkan penggunaan sumber daya alam untuk industri.

Umy Amanah

6 komentar:

Powered by Blogger.