Friday, May 10, 2013

Internet Meluas Pelajar Malas



SMA Negeri 2 Purbalingga SMP Negeri 3 Purbalingga
Umy Amanah
Pelajar yang pada umumnya adalah remaja merupakan golongan terbesar yang terkena dampak dari globalisasi. Terutama pada perkembangan iptek di dunia maya yang melingkupi Jaringan Internet. Padahal pada dasarnya internet bertujuan untuk memfasilitasi pelajar dalam memperoleh informasi, membuka cakrawala dunia luar dan sebagai fasilitas yang dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan bagi para pelajar. Sifat remaja yang selalu ingin tahu dengan hal-hal baru membuat pelajar kadang menylahgunakan Internet.
Dalam suatu alat atau jaringan yang dimanfaatkan oleh manusia atau dalam lingkup kecil yaitu pelajar yang menggunakan Jaringan Internet pasti ada dampak positif dan banyak dampak negatifnya jika pelajar tersebut tidak meanfaatkannya dengan baik. Tidak sedikit pelajar yang menyalah gunakan Internet untuk hal-hal yang negative. Selain itu dampak negative yang sangat jelas dari Internet adalah maraknya situs-situs pornografi yang dapat dibuka dan diakses secara mudah, penipuan, perjudian dan tindakan criminal lainnya yang memanfaatkan Internet. Hal tersebut yang menjadikan turunnya moral para pelajar. Namun banyak juga pelajar yang memanfaatkan Internet untuk hal-hal yang positif, misalnya untuk mencari informasi-informasi yang beragam dan sulit dicari di sumber-sumber lainnya. Internet memuat informasi yang sangat beragam, banyak dan mencakup seluruh dunia menjadikan Internet sebagai Gudang Informasi bagi penggunanya. Namun dengan informasi yang sangat banyak, beragam, mudah diperolehnya dan biayanya tidak terlalu mahal, hal ini yang membuat pelajar malas untuk memperoleh informasi dari sumber-sumber lain seperti buku, majalah, koran ataupun melihat berita di televisi dan sumber lainnya. Selain itu perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan makin canggihnya fasilitas atau aplikasi-aplikasi Internet. Munculnya situs-situs jejaring social berdampak negative sangat besar bagi kalangan pelajar. Hal tersebut dikarenakan pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya untuk Chatt ( mengobrol ) di Internet daripada menghabiskan waktunya untuk belajar. Misalnya situs jejaring Facebook yang saat ini sering dibicarakan dikalangan pelajar dan masyarakat umum. Kasus yang akhir-akhir ini terjadi adalah menghilangnya beberapa orang dengan kenalannya di situs jejaring Facebook yang kebanyakan merupakan kalangan Pelajar SMP. Hal itu terjadi karena penyalahgunaan Internet sebagai media komunikasi. Selain itu dengan adanya Internet pelajar semakin malas untuk belajar dibandingkan dengan bermain Internet.
Seharusnya sebagi pelajar yang berpendidikan kita dapat memanfaatkan Internet secara bijak. Kita harus memanfaatkan Internet untuk hal-hal yang positif  dan apabila kita senang bermain dengan memanfaatkan Internet kita harus diimbangi dengan belajar, karena tugas pelajar adalah belajar dan harus lebih banyak waktu belajar dibandingkan dengan waktu bermain. Di era globalisasi saat ini sudah sepantasnya para pelajar mengikuti perkembangan Iptek, selain itu pelajar harus tahu batasan-batasannya agar tidak terjerumus ke hal-hal yag negatif ataupun tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma hukum yang berlaku.




_- ARTIKEL -_

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.